rangkuman bab 1 dan bab 2 (tugas ISD)

nama ghes umar

kelas 1IA22

NPM  51409673

ILMU SOSIAL DASAR

1.SEKILAS TENTANG ILMU-ILMU SOSIAL, ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN ILMU SOSIAL DASAR

a.Ilmu-ilmu social

telah diketahui bahwa sumber dari segala ilmu pengetahuan asalah philoshopia (filsafat) baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social dari filsafat. Dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan yaitu:

  1. Natural science (ilmu-ilmu alamiah) meliputi fisika,kimia,astronomi,biologi,botani,dll
  2. Social science (ilmu-ilmu social) terdiri dari sosiologi,ekonomi,politik,antropologi,sejarah,psikologi,geografi,dll
  3. Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi bahasa,agama,kesusastraan,kesenian,dll

b.ilmu pengetahuan social (ips)

IPS adalah ilmu-ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah. Dengan demikian ilmu pengetahuan social
(IPS) sialah ilmu”social yang dipilih dan disesuaikan bagi pengguna program pendidikan di sekolah atau kelompok belajar lainnya sederajat.

IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan (fusi) dari sejumlah mata perlajaran sosial.

c.ilmu Sosial Dasar

ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu”sosial yang dipergunakan dalam pendekatan,dan pemecahan masalah”sosial yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.

2.LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR

– banyaknya kritik yang ditunjukan pada system pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendekiawan

– sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang elite bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan lingkungan masyarakat,serta tidak mengenali dimensi”lain diluar disiplin keilmuannya

a.kemampuan personal (kemampuan kepribadian)

dengan kemampuan ini tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukan sikap dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia

b.kemampuan akademik

adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah,baik lisan maupun tertulis,menguasai peralatan analisa,mam[u berpikir logis,kritis,sistematis,dan analitis

c.kemampuan professional

adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan.

3.ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI KOMPONEN MKDU

Dari ketiga kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon tenaga ahli, kemampuan personal ditanamkan kepada mahasiswa melalui mata kuliah dasar umum atau MKDU.MKDU terdiri dari 6 mata kuliah,yaitu:

  1. Agama
  2. Pancasila
  3. Kewiraan
  4. Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
  5. Ilmu Sosial Dasar (IAS)
  6. Ilmu Budaya Dasar (IBD)

4.RUANG LINGKUP PEMBAHASAN

`berpangkal pada tujuan diatas maka ada dua masalah yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ISD

  1. Adanya berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat di ditanggapin dengan pendekatan sendiri
  2. Asanya keragaman golongan dan kesatuan sosial

5.MASALAH-MASALAH SOSIAL DAN ILMU SOSIAL DASAR

a.masalah-masalah sosial

masalah”sosial yang dihadain masyarakat tidaklah sama,hal ini disebabkan karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakatdan keadaan lingkungan alam dimana masyarakat itu hidup.

b.masalah-masalah sosial dan ahli ilmu sosial

masalah sosial muncul sejak adanya peradaban manusia,karena dianggap sebagai sesuatu yang menggangu kesejahteraan hidup.

c.masalah-masalah sosial dan ilmu sosial dasar

ISD sebagai suatu mata kuliah menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalah”dengan menggunakan kerangka pendekatan yang terlihat sasaran studinya sewbagai suati masalahnya objektif dan subyektif

BAB II PENDUDUK,MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

I.PERTUMBUHAN PENDUDUKDAN MIGRASI

a.penduduk dunia dan masalahnya

a.1 peningkatan jumlah penduduk/kelebihan penduduk

sebab: kemajuan ilmu pengetrahuan khususnya ilmu kedokteran,sehingga

–          Kesehatan penduduk lebih terjamin

–          Tingkat kematian bayi rendah

Akibatnya :

–          Akibat langsung adalah pengganguran

–          Akibat tidak langsung adalah kriminalitas

Jenis kelebihan penduduk

–          Kelebihan penduduk absolute = bila suatu daerah dalam waktu dan tertentu tidak dapat memberikan kebutuhan hidup bagi manusia yang berdomisili di wilayah tersebut

–          Kelebihan penduduk relative = bila suatu daerah dalam waktu tertentu kebutuhan hidup yang ada sudah tidak sesuai lagi dengan kemajuan ekonomi dan perkembangan sosial

a.2 kekurangan penduduk (dfialami Negara”Eropa Barat)

yaitu kekurangan penduduk berusia muda,sebagai generasi penerus.

Biasanya disebabkan :

–          Lebih mengutamakan perkejaan / karir

–          Mampu menyimbangin jumlah penduduk

Kekurangan penduduk dapat berakibat,kurang tenaga kerja

b.pendidikan dan kesehatan di Negara-negara berkembang

b.1 pendidikan

kurangnya pendidikan bagi anak usia sekolah

sebab:

–          Terikat dalam kerja rumah tangga

–          Kekuranggan bangunan sekolah dan pengajar

–          Tidak memiliki sekolah dasar

b.2 kesehatan

b.2 1. Penyakit yang banyaka diderita

– kebutaan dan anemia

–          Tuberkolusis

–          Cacingan

–          Polioyelitis

–          Lepra

b.2.2. kekurangan gizi

– kekurangan vitamin A

– kurang protein hewani

c.perhatian para negarawan dan ilmuwan terhadap masalah penduduk dunia

terbentuknya kelompok ROMA diketuai Dr.Dennis L mengadakan studi internasional tentang batas”akhir pertumbuhan dunia

yang mempelajarin tentang 5 unsur

  1. Penduduk makin bertambah
  2. Pesatnya industrilisasi
  3. Produk pertanian
  4. Makin habis sumber-sumber alam yang tergantikan
  5. Makin rusak alam lingkungan

d.usaha mengatasi penduduk dunia

1. menyediakan jumlah penduduk

2. konsumsi sumber alam dan pembangkitan polusi harus dikurangin

3. penyelengara pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan

4. Peningkatan produksi bahan pangan

5. Penyuburan dan perlindungin tanah untuk erosi

e. masalah penduduk di Indonesia

– rapat penduduk

– penyebaran penduduk

– tingkat pendidikan masyarakat yang relative rendah

f. kebijaksanaan kependudukan

usaha-usaha yang dilakukan sebagai berikut

–          Ekstensifikasi

–          Transmigrasi

–          Keluarga berencana

–          Pendidikan kependudukan

g. migrasi

migrasi adalah perpindahan penduduk yang melintasi batas administrasi misalnya kelurahanl,kabupaten,kota,Negara

4 faktor yang mendorong migrasi

A factor”yang terdapat dari daerah asal

B factor”yang terdapat dati daerah tujuan

C factor”rintangan

D factor pribad

II pembagian kerja dalam masyarakat

Kurangnya kesemptan kerja

Sebab:

– pertumbuhan pendudduk

– lambatnya perkembangan dalam bidang pertanian

Akibat

–          Pengangguran

–          Arus urbanisasi

III perkembangan kebudayaan

A  kebudayaan

Berasal dari bahsa sangserketa = budhaya merupakan bentuk jamak dari budhi/akal

Pengertian adalah hasil budi atau akal manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup

B  hubungan manusia dengan kebudayaan

Manusia sebagai makhluk biologi

Manusia sebagai makhluk sosial budaya

C.  hubungan masyarakat dengan kebudayaan

– manusia,kebudayaan,masyarakat merupakan satu kesatuan utuh

– masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan manusia

– dimana orang bermasyarakat disitu timbul kebudayaan

D.  wujud kebudayaan menurut koentjaraningrat

– ide,gagasan,nilai-nilai,norma,peraturan

– kelakuan berpola manusia dalam masyarakat

– hasil karya manusia

Ketiga hujud tersebut dapat dirinci sebagai unsure kebudayaan SBG:

–          Sistem religi dan upacara keagamaan

–          Sistem organisasi kemasyarakatan

–          Sistem pengetahuan

–          Sistem mata pencaharian hidup

–          Sistem teknologi dan peralatan

–          Bahasa

–          Kesenian

IV PRANATA-PRANATA DAN INSTITUSIONALISASI

  1. Pranata

Sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas”untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam masyarakat

4 pengertian norma sebagai berikut

–          Cara ( usage)

–          Kebiasaan (folkways)

–          Tata kelakuan (mores)

–          Adat kebiasaan (costum)

  1. Institusionalisasi (perlembagaan)

Merupakan proses perkembangan dari lembaga”/institusi/pranata

Proses ini terjadi bilamana suatu kelompok memutuskan bahwa seperangkat norma,nilai-nilai,dan peranan tertentu dianggap sangat penting bagi kelangsungan hidupnya

About ghesumar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: