ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan

Ilmu pengetahuan lazim digunakan dalam pengertian sehari-hari, terdiri dari 2 kata. Ilmu dan Pengetahuan

Dalam membicarakan pengetahuan saja akan memahami fakta pengalaman dan dunia realities, hakikat pengetahuan, kebenaran, kebaikan, membentuk pengetahuan, sumber pengetahuan, dsb.

Teknologi dalam penerapannya sebagai jalur utama yang dapat menyongsong masa depan cerah, kpercayaan sudah mendalam. Sikap demikian adalah wajar, asalkan tetap dalam konteks pengliatan yang rasional. Sebab teknologi, selain mempermudah kehidupan manusia, mempunyai dampak sosial yang lebih penting artinya daripada kehebatan teknologi itu sendiri.

KemiskinanĀ  merupakan tema sentral dari perjuangan bangsa. Sebagai perjuangan yang akan memperoleh kemerdekaan bangsa dan motivasi fundamental dan cita-cita menciptakan masyarakat adil dan makmur. Hal itu sudah sejak lama oleh sarjana ekonomi di banyak negara digeluti dan dipecahkan, dan setiap kali pula pemecahannya lolos dari gnggaman, dan berkembang menjadi masalah baru. Berbicara tentang masalah kemiskinan dihadapkan kepada persoalan lain, seperti persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok, posisi manusia dalam lingkungan sosial, dan persoalan yang lebih jauh

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan merupakan bagian-bagian yang tidak dapat dibebaskan dan dipisahkan dari suatu system yang berinteraksi, interelasi, interdependesi, dan ramifikasi (percabangannya). Dengan demikian wajarlah apabila menghadapi masalah yang kompleks ini. Memerlukan studi mendalam dan analisis interdispliner kalau tidak mau mencampuradukan unsur-unsur sintesis dengan sintesisnya sendiri.

Maka usaha mulia berikutnya adalah membuat operasional dalam rangka social engineering-nya. Oleh sebab itu tulisan ini hanya lah bersifat penjajagan problema, kalau mungkin sampai mencari interelelasi, interaksi, interdependensi, dan ramifikasi dari berbagai unsure system dan subsystem

About ghesumar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: